PELANGGARAN ETIKA BISNIS
PELANGGARAN
ETIKA BISNIS TERHADAP STAKEHOLDER
Freeman
(1984) yang mendefenisikan stakeholder sebagai kelompok atau individu yang
dapat memengaruhi dan atau dipengaruhi oleh suatu pencapaian tujuan tertentu.
Persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang wajar, bersaing dalam
memproduksi produk yang di butuhkan oleh masyarakat.
Hak Cipta
Hak cipta merupakan istilah yang
populer di dalam masyarakat, walaupun demikian pemahaman
tentang ruang lingkup pengertiannya tidaklah sama
pada setiap orang karena berbedanya tingkat
pemahaman tentang istilah tersebut. Sebagai contoh sering
orang awam menginterprestasikan hak cipta sama dengan hak
kekayaan intelektual. Lainnya
adalah pemahaman masyarakat terhadap
perlindungan hak cipta ini, sebagai contoh
misalnya karena pemahaman yang kurang sehingga sering muncul
pemikiran dan perkataan yang keluar yaitu hak cipta - dipatenkan atau
merek - dipatenkan sehingga seolah-olah pengertian hak cipta itu
cukup luas meliputi keseluruhan ciptaan manusia
padahal, pengertian hak cipta itu cukup luas meliputi keseluruhan ciptaan
manusia di bidang tertentu saja.
Dalam hal ini akan membahas produk Tupperware dan
Tulipware, Secara sekilas tidak ada perbedaan yang berarti antara kedua produk
ini. Ada beberapa orang yang mengira bahwa mereka adalah dari perusahaan yang
sama namun dengan seri yang berbeda.
Tupperware, merk ini sudah sangat
dikenal oleh masyarakat. Semua produknya ini cukup menyita perhatian publik
karena fungsinya yang mampu menjaga makanan dan minuman dengan baik.
Jika di pasaran, konsumen yang kurang teliti akan
menganggap kedua produk tersebut sama. Setelah diamati terdapat perbedaan pada
ikon gambar.
Bentuk
Pelanggaran :
Dengan membadingkan antara
produk-produk yang menggunakan merek TUPPERWARE dan produk-produk dengan merek
TULIPWARE, maka terlihat secara jelas bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh
pihak yang memproduksi produk TULIPWARE, sebagai berikut :
- Terdapat persamaan pada pokoknya antara merek
TULIPWARE dengan TUPPERWARE untuk produk-produk yang sejenis
- Penempatan merek pada bagian bawah wadah dan
bentuk tulisan yang sama lebih dominan, sehingga menonjolkan unsur persamaan
dibandingkan perbedaannya.
- Keberadaan produk-produk sejenis yang menggunakan
merek TUPPERWARE dan TULIPWARE membingungkan dan mencaukan konsumen
mengenai asal-usul barang.
- Merek TULIPWARE yang dipergunakan pada
barang-barang berbeda dengan etiket merek yang diajukan permohonannya pada
Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.
Ajeng Kusuma Wardani.
Kelas : 4EA09
NPM : 10211492
tulisannya bagus
BalasHapus